Saturday 7 November 2015

TFI: PAUD 3rd Meet.

Pembelajaran di PAUD Bani Rouf dalam penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia(TFI)
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/d/d6/Logo_Binus.jpg
Kelas : LP01
Dosen : Frederikus Fios ( D3093)
Waktu : Jumat, 6 November 2015
Jam : 08.00 –11.30
Jumlah anak didik : 26 Orang
Lokasi : Rt 03 / Rw 012 . Bugel- karawaci.

Anggota yang hadir :

1. Fachreza Audrian Naufal
2. Aldryan Faza
3. Alvi syahri
4. Ardian Chandra
5. Juliano Chandra
6. Abdul Aziz Ermawan
7. Muhammad Rifky romadhon


II. Bagian Isi

A. Teori Acuan

Kami di kelas CB, diajarkan untuk jujur dan tegas, dan dilarang untuk melakukan kejahatan intelektual. Dan melakukan semuanya atas berkat pedoman negara kita yaitu Pancasila. Dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti yang kami lakukan saat ini, Pancasila Turut Berikut serta menjadi pedoman kami.

B. Persiapan Kegiatan

Hari ketiga kami mengajar di PAUD Bani Rouf pada hari jum’at 6 november 2015 . Seperti biasa kami berkumpul dahulu di dekat tangcity mall , sebelum tanggal 6 november kami membuat materi untuk diajarkan di paud bani rouf . Untuk kelas a kami membuat materi menggambar , dan kelas b kami berikan materi berhitung . Pada saat 6 november tepatnya pada jam 06.30 , kami fotocopy materi terlebih dahulu , setelah itu kami berangkat ke lokasi dan kami sampai disana jam 07.30 . Perjalanan cukup lama dikarenakan macet . 

Ini materi yang kami berikan :








C. Metode Pengajaran

Metode Pengajaran yang kami terapkan adalah Hybrid Yaitu Gabungan Dari Classroom dan Mentoring. Hal Positifnya: Cepatnya Siswa mengerti apa yang diajarkan oleh kita. Negatifnya: Waktu yang kurang efisien.


D. Pengukuran Kinerja
  • Survey Eksternal
Menurut Guru yang mengajar di PAUD Bani Rouf, Untuk Yang ketiga kalinya mengajar di sini, kami sudah lebih baik dari sebelum sebelumnya, karena kami membawa materi yang jelas, hanya saja menejemen waktu, dan kami kurang memberikan tutorial sebelum kami memberikan materi yang kami buat untuk murid murid.
  • Survey Internal
Menurut Pengamatan Kami sendiri, Memang masalah menejemen waktu itu benar adanya, namun untuk masalah pemberian tutorial sebelum materi diberikan kami rasa sudah cukup dikarenakan anak anak sudah mengerti dan hasilnya juga positif.







Hasil Kegiatan:

A.Hari ketiga ini anak-anak belajar mewarnai dan berhitung. Anak-anak lebih mudah mewarnai sebuah gambar dikarenakan hanya tinggal menggoreskan pensil warnanya pada gambar yang kami berikan, meskipun warnanya terkesan asal-asalan, keluar-keluar dari garis gambar, tetapi ada juga yang mewarnai dengan sangat bagus sehingga menarik perhatian kami. Anak-anak juga lebih senang mewarnai karena dapat mengenal lebih banyak warna.

B. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir. Mereka terlihat sangat menyukai materi yang ada dan sangat bersemangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh kami. Mereka tambah semangat lagi karena kami memberikan beberapa hadiah bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari kami.

Kesimpulan Kegiatan:

Tujuan dari pelaksanaan CB ini adalah untuk membantu dan berbagi ilmu kepada adik adik yang berada di sekolah tingkat PAUD, dan kita juga dapat berbagi kepada orang lain, dimana kita kuliah tidak hanya melaksanakan kegiatan didalam kelas tetapi juga diluar kelas, ini juga bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang kita miliki.
Perbaikan yang akan kami lakukan selanjutnya adalah, kami akan mengembangkan proses pembelajaran baik melalui media gambar atau visualisasi secara langsung agar semua anak paud dapat menerima informasi secara baik
dan lebih mendalam lagi agar adik adik dapat menyerap ilmu sebanyak dan sebaik baiknya untuk memberi pemahaman yang baik kepada seluruh murid
Dan kami juga akan memberikan pembelajaran yang lebih mudah dimengerti oleh anak anak tersebut, karena kami menyadari masih banyak kekurangan di dalam diri kami karena kami masih dalam proses belajar.

Kumpulan Foto:




























0 comments:

Post a Comment