Sunday 10 April 2016

TFI: Bimbel 5th Meet.

Bimbel ACYD Bersama TFI

Pembelajaran di Bimbel Asrama Cinta Yatim dan Dhuafa dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building
Bersama Teach For Indonesia (TFI)
(Minggu Kelima)
logo tfi.jpg
Kelas            : LL01
Dosen            : Sri Hutomo (D1415)
Waktu            : Sabtu, 9 April 2016
Jam            : 14.00 - 16.00 WIB
Jumlah anak didik    : 7 anak
Lokasi            : Jl. Sumatra Gg. H. Bakri, Jombang Ciputat, Tangerang Selatan
PIC            : Ibu Nunung
Anggota yang hadir    :
  1. Alvi Syahri (1901481352)
  2. Brandon Cornelius (1901485325)
  3. Cynthia Adeline (1901465430)
  4. Irene (1901463993)
  5. Joshua Renaldo (1901473464)
  6. Jovianne (1901473722)
  7. Kristanto Rianto (1901467221)
  8. Raden Roro Azlia Putri Ryanti (1901464112)


  1. Bagian isi
   
Pada tanggal 9 April 2016, kami melakukan kegiatan belajar-mengajar kembali di asrama Cinta Yatim dan Dhuafa, Tangerang Selatan. Seperti biasa, sebelum berangkat kami berkumpul terlebih dahulu di BINUS University pada pukul 13:00. Setelah semua anggota hadir, kami berangkat bersama menuju asrama tersebut. Kami tiba di asrama sebelum pukul 14:00. Jumlah anak didik yang kami ajar pada pertemuan kelima ini berjumlah 7 orang. 4 murid laki-laki dan 3 murid perempuan.
Sebelum memulai belajar, kami mengajak murid-murid berdoa terlebih dahulu. Pada pertemuan kelima ini, kami membagi kelompok belajar menjadi 2, sebagian anggota mengajar murid SD, sebagian lagi mengajar murid SMP. Kami mengajarkan matematika untuk murid SMP dan matematika & bahasa inggris untuk murid SD.  
Proses belajar pada murid SMP diawali dengan pembagian dan perkalian. Ternyata masih ada murid yang belum memahami perkalian dan pembagian. Sehingga kami memberikan latihan soal untuk mereka. Soal-soal yang kami berikan dalam bentuk cerita agar lebih menarik dan memacu logika mereka. Setelah mereka selesai membuat soal latihan, kami membahas soal latihan tersebut. Hasilnya mereka mulai memahami dan mengerti perkalian dan pembagian.  
Kemudian kami mengajarkan pecahan. Beberapa diantara mereka ada yang belum mengerti pecahan campuran. Kami memberikan latihan soal kembali kepada mereka agar mereka dapat lebih mengerti. Setelah itu, kami membahas soal latihan tersebut dengan menanyakan setiap murid cara penyelesaian soal-soal tersebut. Metode mengajar ini bertujuan agar kami dapat mengetahui murid-murid kami sudah mengerti atau belum. Hasilnya saat ditanya, setiap murid dapat menjawab soal-soal latihan tersebut dengan baik.     
Proses belajar pada murid SD diawali dengan pelajaran matematika. Kami mengajarkan pertambahan, pengurangan, dan pecahan. Pada pertemuan kelima ini, kami kedatangan murid baru bernama Hilal kelas 5 SD. Selanjutnya, kami memberikan soal-soal latihan matematika kepada murid-murid. Setelah selesai belajar matematika, kami mengulang pelajaran bahasa inggris yang kami ajarkan pada pertemuan keempat..
Setelah proses belajar mengajar selesai, kami pun berdoa untuk mengakhiri pertemuan kelima ini. Setelah itu kami mengambil foto bersama. Sebelum pulang, kami pun mengucapkan terima kasih kepada ibu Nunung selaku ibu PIC asrama Cinta Yatim dan Dhuafa  karena kami sudah diberikan kesempatan untuk mengajar di asrama tersebut.
Dalam proses mengajar ini terdapat nilai-nilai pancasila, diantaranya:  sila pertama adalah nilai agama. Kami mengajarkan nilai agama dengan mengajak anak-anak berdoa sebelum dan sesudah belajar. Sila kedua dan sila kelima adalah nilai kemanusian dan keadilan, kami mengajarkan setiap murid kami tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain. Hal ini juga dapat dijadikan contoh bagi murid-murid kami agar dapat saling menghargai sesama teman. Sila ketiga adalah nilai persatuan, walaupun kami membagi dua kelompok belajar, tetapi kami dan murid-murid lainnya tetap berinteraksi. Sila keempat adalah nilai kerakyatan (demokratif), murid-murid yang tidak mengerti dapat bertanya kepada kami.

  1. Penutup
    Pada hari kelima kami mengajar, kami sudah dapat berinteraksi dengan murid-murid kami. Murid-murid kami pun sudah tidak malu-malu untuk bertanya kepada kami saat mereka tidak mengerti. Sebelumnya kami juga sudah mempersiapkan materi apa yang akan diajarkan sehingga proses belajar mengajar berlangsung efektif.  

C:\Users\USER\Downloads\1460272514329(1).jpg

0 comments:

Post a Comment