Saturday 31 October 2015

TFI: PAUD 2nd Meet.

Pembelajaran di PAUD Bani Rouf dalam penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia(TFI)
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/d/d6/Logo_Binus.jpg
Kelas : LP01
Dosen : Frederikus Fios ( D3093)
Waktu : Rabu, 28 Oktober 2015
Jam : 08.00 –10.00
Jumlah anak didik : 26 Orang
Lokasi : Rt 03 / Rw 012 . Bugel- karawaci.

Anggota yang hadir :

1. Fachreza Audrian Naufal
2. Aldryan Faza
3. Alvi syahri
4. Ardian Chandra
5. Juliano Chandra
6. Abdul Aziz Ermawan
7. Muhammad Rifky romadhon

II. Bagian Isi

A. Teori Acuan

Kami di kelas CB, diajarkan untuk jujur dan tegas, dan dilarang untuk melakukan kejahatan intelektual. Dan melakukan semuanya atas berkat pedoman negara kita yaitu Pancasila. Dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti yang kami lakukan saat ini, Pancasila Turut Berikut serta menjadi pedoman kami.

B. Persiapan Kegiatan


Pertemuan kedua kami mengajar di PAUD Bani Rouf pada hari rabu 28 oktober 2015 . Kami berkumpul di dekat mall tangcity pada jam 06.30 , akhirnya kami berangkat dari dekat mall tangcity jam 07.00 . Perjalanan kami tempuh selama 10 menit dan kamipun sampai ditempat PAUD Bani Rouf jam 07.10 . Sesampainya disana kami Briefing terlebih dahulu , setelah itu kami menunggu guru memanggil kami . jam 08.00 kami masuk kelas , kami dibagi menjadi dua tim lagi . Didalam kelas sangat seru sekali , kita mengadakan games berhadiah sehingga anak anak antusias mengikuti pelajaran yang kami berikan . Tetapi tidak dipungkiri, kami juga belum sempurna dalam hal mengajar , dan benar saja kami masih mendapatkan kritikan dari guru PAUD Bani Rouf .

C. Metode Pengajaran

Metode Pengajaran yang kami terapkan adalah Hybrid Yaitu Gabungan Dari Classroom dan Mentoring. Hal Positifnya: Cepatnya Siswa mengerti apa yang diajarkan oleh kita. Negatifnya: Waktu yang kurang efisien.

D. Pengukuran Kinerja
  • Survey Eksternal
Menurut Guru yang mengajar di PAUD Bani Rouf, Untuk mengajar yang kedua kalinya ternyata kami masih belum bisa memberikan yang terbaik, Karena menurut mereka materi yang kita ajarkan masih kurang di pahami oleh siswa yang belajar di PAUD Bani Rouf. Mereka meminta agar materi yang kita ajarkan di ganti.
  • Survey Internal
Menurut Pengamatan Kami sendiri,Materi yang kami bawakan mungkin masih terlalu cepat, di minggu ini kami membawakan materi tentang anggota tubuh dalam bahasa inggris. Untuk ukuran anak PAUD, materi yang kami bawakan ini mungkin terlalu sulit, tapi masih banyak juga murid yang mengerti.





Hasil Kegiatan:

A. Pengajaran hari kedua ini anak-anak lebih mudah memahami materi yang diberikan, karena materi yang diberikan berhubungan dengan bagian tubuh manusia. Meskipun anak-anak masih sulit untuk menulis dalam bahasa inggris, tapi anak-anak mengerti apa yang diajarkan dengan baik.

B. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir. Mereka terlihat sangat menyukai materi yang ada dan sangat bersemangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh kami. Mereka tambah semangat lagi karena kami memberikan beberapa hadiah bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari kami.

Kesimpulan Kegiatan:

Tujuan dari pelaksanaan CB ini adalah untuk membantu dan berbagi ilmu kepada adik adik yang berada di sekolah tingkat PAUD, dan kita juga dapat berbagi kepada orang lain, dimana kita kuliah tidak hanya melaksanakan kegiatan didalam kelas tetapi juga diluar kelas, ini juga bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang kita miliki
Perbaikan yang akan kami lakukan selanjutnya adalah, kami akan mengembangkan kemampuan mengajar kita , kita juga akan mencari materi materi yang kongkret bias dari buku buku atau dari internet bisa juga melalui sharing dengan teman teman lain yang sedang dalam proses mengajar paud tersebut.
Kami juga akan mengembangkan anak anak paud ini untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas ,agar saat kami tinggalkan kami harapkan anak paud tersebut akan lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah mereka.

Kumpulan Foto:













0 comments:

Post a Comment