Sunday 25 October 2015

TFI: PAUD 1st Meet.

Kelas : LP01
Dosen : Frederikus Fios ( D3093)
Waktu : Jum’at, 23 Oktober 2015
Jam : 08.00 – 11.30
Jumlah anak didik : 26 Orang
Lokasi : Rt 03 / Rw 012 . Bugel- karawaci.

Anggota yang hadir :

1. Fachreza Audrian Naufal
2. Aldryan Faza
3. Alvi syahri
4. Ardian Chandra
5. Juliano Chandra
6. Abdul Aziz Ermawan
7. Muhammad Rifky romadhon

II. Bagian Isi

A. Teori Acuan

Kami di kelas CB, diajarkan untuk jujur dan tegas, dan dilarang untuk melakukan kejahatan intelektual. Dan melakukan semuanya atas berkat pedoman negara kita yaitu Pancasila. Dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti yang kami lakukan saat ini, Pancasila Turut Berikut serta menjadi pedoman kami.

B. Persiapan Kegiatan

Jauh hari, salah satu dari kelompok kami melihat buku tulis salah satu siswi dari Bani Rouf dan orang tua muridnya menyarankan agar membawakan materi bahasa inggris .Dua hari sebelum mengajar kami semua berdiskusi materi apa yang dibawakan pada saat mengajar nanti , kami berdiskusi di perpustakaan . Tidak hanya berdiskusi tentang materi yang dibawakan untuk nanti, kami juga berdiskusi tentang waktu dan tempat berkumpul agar kami bisa sampai di lokasi tujuan tepat waktu . Setelah berdiskusi sekian lama , akhirnya kami memutuskan untuk membawakan materi bahasa inggris, seperti nama ayah,ibu,hari dan yang membawakan materi pada pertemuan pertama itu adalah Fachreza Audrian Naufal dan pembimbingnya adalah Aldryan Faza . Kami juga memutuskan untuk berkumpul ditangcity mall jam 06.30.

Pada hari-H , kami cukup dikagetkan . Karena sedikit melenceng dari perjanjian .Disana terbagi menjadi dua kelas anggap saja kelas itu A dan B , Seminggu sebelumnya kami dan pihak PAUD memutuskan untuk mengajar dikelas A terlebihdahulu setelah itu, pertemuan berikutnya mengajar dikelas B. Tetapi pada saat kita sudah sampai lokasi pada jam 07.20 , kami diberitahu kalau nanti kami dipecah menjadi dua , untuk mengajar dikelas A dan B .

Akhirnya kami dipecah menjadi dua bagian , pembawa materi dikelas A adalah Fachreza Audrian Naufal,Aldryan Faza dan Ardian Chandra lalu pembawa materi dikelas B adalah Alvi syahri , Abdul Aziz, Juliano Chandra dan Muhammad Rifky .

C. Metode Pengajaran

Metode Pengajaran yang kami terapkan adalah Hybrid Yaitu Gabungan Dari Classroom dan Mentoring. Hal Positifnya: Cepatnya Siswa mengerti apa yang diajarkan oleh kita. Negatifnya: Waktu yang kurang efisien.

D. Pengukuran Kinerja
  • Survey Eksternal
Menurut Ibu Ai Nurjanah selaku kepala sekolah Paud Bani Rouf, Cara pengajaran yang kita lakukan masih kurang dari kata sempurna, dikarenakan konsep dan tema yang kita ajarkan masih belum terlalu jelas dan anggota anggota kita juga masih kurang spesifik dalam menerangkan suatu materi.
  • Survey Internal
Menurut Pengamatan Kami sendiri, Betul adanya yang ibu Ai Nurjanah katakan, namun setidaknya kami masih mempunyai sisi positif yaitu dari disiplin waktu, Etika bicara yang baik, sopan dan santun sayangnya inisiatif kita masih kurang. harus lebih di latih lagi. Tidak ada yang bisa di jadikan contoh di kelompok kita. karena kita 1 kelompok. Hampir semuanya berfikiran sama.



Hasil Kegiatan:

A. Materi pertama yaitu belajar bahasa inggris. Anak-anak cukup memahami materi yang diajarkan, meskipun ada beberapa anak yang masih tidak memahaminya. Merekapun juga sudah bisa menulis bahasa inggris seperti name, father,mother, morning, afternoon. Mereka juga bisa mengikuti pelajaran yang ada dan juga cukup antusias dalam menjawab pertanyaan dan games yang diberikan.

B. Dari awal hingga akhir pelajaran, anak-anak mengikutinya dengan baik. Mereka tidak terlihat malas-malasan, tetapi mereka sangat bersemangat untuk mengikuti instruksi dari kami.

Kesimpulan Kegiatan:

Tujuan dari pelaksanaan CB ini adalah untuk membantu dan berbagi ilmu kepada adik adik yang berada di sekolah tingkat PAUD, dan kita juga dapat berbagi kepada orang lain, dimana kita kuliah tidak hanya melaksanakan kegiatan didalam kelas tetapi juga diluar kelas, ini juga bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang kita miliki

Perbaikan yang akan kami lakukan selanjutnya adalah, kami akan menyiapkan materi lebih konkret dan lebih mendalam lagi agar adik adik dapat menyerap ilmu sebanyak dan sebaik baikna untuk memberi pemahaman yang baik kepada seluruh murid

Dan kami juga akan memberikan pembelajaran yang lebih mudah dimengerti oleh anak anak tersebut, karena kami menyadari masih banyak kekurangan di dalam diri kami karena kami masih dalam proses belajar.




0 comments:

Post a Comment